BERITA DETAIL
PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA RESPON TERHADAP PENANGANAN PELAYANAN KESEHATAN BAPAK PRIANTO WARGA KELURAHAN SEKETENG

PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA RESPON TERHADAP PENANGANAN PELAYANAN KESEHATAN BAPAK PRIANTO WARGA KELURAHAN SEKETENG

02 November 2021   397

        Sumbawa Besar, Pemerintah Daerah Langsung Respon Penanganan Pelayanan Kesehatan Bapak Prianto Warga Kelurahan Seketeng, Selasa (2/11).

         Terkait musibah yang menimpa Bapak Prianto warga yang domisili di Kelurahan Seketeng, yang beberapa waktu sebelumnya mengalami kecelakaan sehingga tangan kanan beliau harus diamputasi. Sebelumnya penanganan medis sudah dilakukan namun masih membutuhkan penanganan lebih lanjut. Dan untuk kondisi dan upaya penanganan lanjutan memang beberapa saat hal ini ada terkonfirmasi di media. Pemerintah Daerah sangat memahami bahwa kanal informasi masyarakat dalam memberikan aspirasi berkembang pesat. Kepala Dinas Kominfotiksandi melalui Plt. Sekretaris Dinas Kominfotiksandi selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama Pemerintah Daerah, memberikan rilis untuk memastikan penanganan cepat pemerintah.

         Dalam hubungan tersebut, langkah responsif Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dalam menjawab tantangan pelayanan public yang berkembang, Sekretaris Daerah setiap waktu selalu menekankan kualitas pelayanan public. Dan salah satu update isu yang ditekankan termasuk hal tersebut di atas, Sekretaris Daerah langsung melakukan koordinasi cepat yang melibatkan perangkat daerah terkait. Di ruang Kerja Sekretaris Daerah mengkoordinasikan pihak terkait, yang hadir meliputi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Direktur RSUD, Kabag Pemerintahan, Plt. Kabag Prokopim, Plt. Sekretaris Diskominfotiksan, Kabid. Perbendahaaran BKAD, Kasubag. Perencanaan dan Pelaporan BKAD, Lurah Seketeng dan konfirmasi telepon Camat Sumbawa. Sekretaris Daerah secara segera langsung memberikan opsi penanganan yang memastikan bahwa warga tersebut harus tertangani tanpa harus dibebani dengan persyaratan administrasi yang kompleks. Dan terkait persolan Bapak Prianto yang BPJS nya sudah tidak aktif, maka sebelum aktivasi BPJS yang proses dan prosdur sedang berjalan, Pemerintah Daerah mengambil alih dengan memberikan opsi Bansos. Prosedur ini ditempuh setidaknya dapat memberikan kepastian penanganan dan pelayanan. Sebenarnya Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa sudah menyediakan opsi prosedur penanganan pelayanan kesehatan yaitu BPJS dan Bansos, dengan opsi ini, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat tetap berjalan. Sehingga pada waktu itu juga (pagi tadi, 02/11/2021), atas arahan Sekretaris Daerah, maka pihak terkait yaitu Direktur RSUD, pihak Pemerintah Kecamatan Sumbawa, Kelurahan Seketeng langsung saling berkoordinasi untuk segera memberikan pelayanan dan penanganan kepada pasien tersebut dan selanjutnya dapat diberikan tindakan medis.

          Pemerintah Daerah tentu akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai standar pelayanan sebagai bagian penting dalam tata kualitas pelayanan publik. Disadari bahwa tatanan harapan masyarakat dewasa ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa tetap meneguhkan komitmen dan hadir dalam berbagai persolan masyarakat. Adopsi tatanan ini harus direpleksikan dalam hal kualitas pelayanan public dimana kinerja pemerintah salah satunya diukur dari kemampuan menyediakan layanan publik yang efisien, efektif dan akuntabel bagi seluruh masyarakat, terutama masyarakat miskin dan kurang beruntung. (jk)