BERITA DETAIL
SEKDA BUKA STQH KE- 1 TINGKAT KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2024

SEKDA BUKA STQH KE- 1 TINGKAT KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2024

21 Agustus 2024   34
Sumbawa, ppid.sumbawakab.go.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa membuka Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) Ke- 1 Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2024. Kegiatan ini sebelumnya di buka dengan Pawai Ta'aruf yang diikuti oleh kafilah dari 24 Kecamatan Se-Kabupaten Sumbawa. Pembukaan STQH ini sendiri berlangsung di Lapangan Desa Lenangguar, Kecamatan Lenangguar, Kabupaten Sumbawa pada Selasa, (20/8/2024). Kegiatan ini diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Sumbawa, para Asisten Pemerintah Kabupaten Sumbawa, serta Sejumlah pimpinan OPD beserta jajarannya.
Sekda Kabupaten Sumbawa, Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos., M.AP., yang mewakili Bupati Sumbawa menyampaikan
. Adapun STQH ini memiliki perbedaan mendasar dari MTQ yakni pertama, MTQ yang pertama kali di gelar Tahun 1968, ini bertujuan untuk mencari dan mengembangkan bakat-bakat qori’ dan qori’ah di seluruh Indonesia. Sedangkan STQH pertama kali di gelar Tahun 1978, bertujuan untuk menyeleksi qori’ dan qori’ah terbaik yang akan mewakili Indonesia di ajang MTQ Internasional. Jelasnya.
Bupati menambahkan, pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh Terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan seperti STQH ini. kegiatan STQH merupakan upaya nyata untuk melahirkan Generasi Sumbawa yang religius dan berkeadaban. Serta, menjunjung tinggi Falsafah hidup tau samawa yakni “Takit ko Nene Kangila Boat Lenge”. Ujarnya.
Selain itu, bupati mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas daerah menjelang Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. Ajaknya.
Senada dengan apa yang disampaikan Sekda Kabupaten Sumbawa, Camat Lenangguar, Andry Rahman, SSTP, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pengamalan Al- Qur’an, meningkatkan kualitas bacaan dan pemahaman Al- Qur’an, memperkuat kebersamaan dan persatuan melalui kompetisi dan keagamaan, serta menumbuhkan rasa cinta dan hormat Terhadap Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup Tau Samawa. kegiatan ini akan berlangsung mulai dari tanggal 20 Agustus 2024 dan akan berakhir pada 24 Agustus 2024. Ungkapnya.
Adapun cabang Lomba pada STQH ini yakni, Tilawah Golong Anak-anak jumlah peserta 48 orang, golongan Dewasa jumlah peserta 45 orang. Cabang Hifzil Quran golongan 1 Juz dan Tilawah jumlah peserta 47 orang, golongan 5 juz dan tilawah jumlah peserta 40 orang, golongan 10 juz jumlah peserta 39 orang, golongan 20 juz jumlah peserta 20 orang dan golongan 30 Juz jumlah peserta 7 orang. Cabang tafsir Bahasa Arab jumlah peserta 1 orang. cabang hadits golongan 100 hadits dengan sanad jumlah peserta 15 orang dan golongan 500 Hadits dengan sanad sebanyak 10 orang. Sehingga total jumlah peserta 272 peserta yang berasal dari 24 kafilah kecamatan se-kabupaten Sumbawa.