BERITA DETAIL
KEGIATAN SELEKSI TERBATAS STQ TINGKAT KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023

KEGIATAN SELEKSI TERBATAS STQ TINGKAT KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023

06 Maret 2023   424
Sumbawa Besar, ppid.sumbawakab.go.id - 06/03. Bertempat di Aula Kelurahan Brang Bara berlansung acara Pembukaan Seleksi Terbatas STQ H Tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2023 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris daerah Kabupaten Sumbawa_Ir. DIRMAWAN.
Dalam sambutannya Bupati Sumbawa menyampaikan apresiasainya dan sangat menyambut baik kegiatan ini, “Meskipun dilaksanakan secara terbatas yang hanya terdapat dua cabang lomba yaitu Tilawah dan Tahfizh, namun Insha Allah tidak mengurangi makna dari STQ H ini”, ujarnya. Lebih lanjut pihaknya berharap agar para juara STQ H ini nantinya dapat membawa nama baik Kabupaten Sumbawa pada ajang yang sama di tingkat Provinsi NTB yang Insha Allah akan digelar pada bulan Mei mendatang di Kota Mataram, pihaknya juga berharap bahwa STQ H yang digelar pada hari ini, selain berkembang dari segi Syi’ar dan kualitas penyelenggaraannya juga dapat mewarnai wajah umat islam ditanah Samawa.
Kegiatan ini juga harus mampu membumikan Al-Qur’an dan Hadis agar dapat dengan mudah dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat. Hakikat dan tujuan STQ H ini juga harus kita pegang teguh, agar Al-Qur’an dan Hadis dapat benar-benar kita dengar, hayati dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui STQ H ini juga, diharapkan agar marwah islam yang perlahan mulai terkikis dikalangan masyarakat, khususnya generasi muda akan tebangkitkan kembali dan benar-benar melekat pada diri masyarakat kita sehingga dengan sendirinya perilaku masyarakat akan terarah.
Selanjutnya Laporan Ketua Pelaksana STQ H tingkat Kabupaten Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM., yang dibacakan oleh Kepala Bagian Kesejateraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Evi Supiati, S.STP.,M.Si diantaranya, kegiatan ini terlaksana atas dasar :
1. Keputusan Bupati Sumbawa No. 387 Thn 2023 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana STQ Terbatas Tingkat Kab. Sumbawa dalam rangka persiapan menghadapi STQ H Terbatas ke – 27 Tingkat Prov. NTB tahun 2023
2. Keputusan Bupati Sumbawa 388 Tahun 2023 tentang Pembentukan TIM Penilai Seleksi Terbatas Tingkat Kabupaten Sumbawa dalam rangjka persiapan lomba Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis / STQ H ke- 27 Tingkat Provinsi NTB tahun 2023.
Selesi terbatas ini dilaksanakan karena terkendala waktu pelaksnaan seleksi STQ H tingkat Provinsi NTB tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 yang akan dilaksanakan di Kota Mataram. Mengingat waktu yang sangat singkat tersebut maka STQ atau MTQ berjenjang diKabupaten Sumbawa tidak memungkinkan untuk dilaksakan. Jadi untuk itu dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Sumbawa menentukan pilihan untuk mengejar waktu pelasanakan STQ H Kabupaten Sumbawa ke-27 Tingkat Prov. NTB tahun 2023 yang dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, dengan melaksanakan Seleksi Terbatas pada tingkat Kabupaten dan tetap akan melaksanakan MTQ berjenjang seperti biasanya sekitar bulan september 2023 dengan menunjuk Kecamatan Lape Menjadi Tuan Rumah Pelasanaan MTQ dimaksud. Dan nantinya kejuaraan dari MTQ/STQ tersebut akan mewakili Kabupaten Sumbawa pada MTQ Tingkat Perovinsi Tahun 2024 di kabupate Sumbawa Barat.
Pelaksanaan lomba STQ H Tingkat Kabupaten Sumbawa sejak tanggal 6 - 8 Maret 2023, dengan masing-masing Lokasi dan mata lomba diantaranya :
ARENA 1 bertempat di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar.
Majelis 1 Cabang Tilawah - Golongan Tilawah Anak-anak dan Tilawah Dewasa.
ARENA 2 bertempat di Aula Kantor Kelurahan Brang Bara.
Majelis 2 Cabang Tahfizh Al-Qur’an – Golongan 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz
Untuk Cabang & Golongan yang diperlombakan pada Seleksi Terbatas STQ H tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2023 antara lain :
1. Cabang Tilawah Golongan Anak-anak Putra - Putri
2. Cabang Tilawah Golongan Dewasa Putra - Putri
3. Cabang Tahfizh Al-Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra - Putri
4. Cabang Tahfizh Al-Qur’an Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra – Putri
5. Cabang Tahfizh Al-Qur’an Golongan 10 Juz Putra – Putri
6. Cabang Tahfizh Al-Qur’an Golongan 20 Juz Putra – Putri
7. Cabang Tahfizh Al-Qur’an Golongan 30 Juz Putra – Putri
Dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 388 Tahun 2023 Tanggal 1 Maret 2023, TIM Penilaian STQ Terbatas Tingkat Kabupaten Sumbawa dalam rangka persiapan menghadapi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadizh ke – 26 Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2023 yang dibacakan oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kesejahteraan Masyarakat_Dodi Priadi, S.Ap. :
1. H. Faisal Salim, S.Ag.,M.M.Inov (Koordinator Tim Penilai)
2. Mulyadi, S.Pdi (Sekretaris Umum)
3. Drs. H. Abdullah. SY (Ketua Tim Penilai - Bidang Penialaian Suara dan Lagu)
4. Wawan Darmawansyah Putra, ST (Sekretaris - Tim Penilai Cabang Tilawah)
5. Hj. Eka Hermayati (Anggota - Bidang Penilaian Suara dan Lagu)
6. H. Nasrullah, S.Sos.i (Bidang Penilaian Fashohah)
7. Hj. Halimah, SS ( Anggota - Bidang Penilaian Fashohah)
8. Syukri Rahmad, S.Ag (Anggota - Bidang Penilaian Tajwid)
9. Ahmad Syaichu Rauf (Anggota – Bidang Penilaian Tajwid)
10. H Munajat Lc, M.H (Ketua Tim Penilai Cabang Hafizh dan Hadis)
11. Dedi Fahruddin Anwar, S.HI ( Sekretaris Penilaian Cabang Tahfiz dan Hadis)
12. H. Ahmad Arifin, LC ( Anggota - Bidang Penilaian Fashohah)
13. Lukman Ahmadi, S.Pd (Anggota – Bidang Penilaian Tajwid)
14. Marzuan, S.Pd.I ( Anggota – Bidang Penilaian Suara, Irama dan Lagu)
15. arman( Anggota – Bidang Penilaian Suara, Irama dan Lagu)
16. M. Dahlan, S.Pd (Anggota - Bidang Penilaian tajwid)
17. H. Jufri, S.Ag.,M.Pd ( Anggota – Bidang Penilaian Fashohah)
18. Lutfhi, S.Pd.I ( Anggota – Bidang Penilaian Hafizh)
Turut hadir dalam acara tersebut , Para Camat Se- Kabupatyen Sumbawa/ yang mewakili, Para Pimpinan Organisasi Perangkat daerah/yang mewakili, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sumbawa beserta jajarannya, Para Dewan hakim, Ketua LPTQ Kabupaten Sumbawa Beserta jajarannya, Pemuka Masyarakat, Peserta STQ H, dan tamu undangan lainnya. (FEBRI_06/03/2023_AULA. KEL.BR.BARA)