BERITA DETAIL
Wakil Bupati Sumbawa membuka secara resmi acara

Wakil Bupati Sumbawa membuka secara resmi acara "Sosialisasi rekrutmen dan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka tahun 2023".

28 Februari 2023   342
Sumbawa, ppid.sumbawakab.go.id - 28/02/2023. Bertempat di aula SMA Negeri 3 Sumbawa Jalan Cendrawasih Sumbawa Besar Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd menghadiri dan membuka secara resmi acara "SOSIALISASI REKRUTMEN dan SELEKSI CALON PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA TAHUN 2023". Dalam sambutannya beliau menyampaikan atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten sumbawa sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena hal ini merupakan kegiatan seleksi calon PASKIBRAKA perdana dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa. Lebih selanjutnya beliau berharap kepada seluruh Kepala Sekolah yang hadir untuk benar-benar memberikan informasi dan peluang maupun ruang kepada anak didiknya, yang termasuk putra-putri terbaik untuk mengikuti seleksi calon PASKIBRAKA dan mungkin dengan mengikuti seleksi ini mereka dapat meraih cita-citanya dan tentunya sealama berada ditempat pelatihan atau asrama mereka akan betul-betul dididik sehingga dapat membentuk jati diri mereka yang nantinya akan tumbuh jiwa patriotisme dan yang paling utama dapat meningkatkan rasa kedisiplinan.
Ditempat yang sama Kepala Badan Kesbangpol yang diwakili oleh Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama_Drs. Taufik Abdul Syukur menyampikan bahwa pelaksanaan program Paskibraka tahun 2023 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2021 dan 2022 pelaksanaan Paskibraka didasarkan pada peraturan BPIP nomor 1 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres nomor 13 tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda, oleh karena itu pelaksanaannya di bawah Koordinasi Dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata, namun dengan berlakunya Peraturan Presiden nomor 51 Tahun 2022 maka Perpres nomor 13 tahun 2021 dinyatakan tidak berlaku, sesuai dengan ketentuan Perpres 51 tahun 2023 dan peraturan BPIP Nomor 3 Tahun 2022 tentang Koordinasi Pembinaan Program Paskibraka berada di Kesbangpol (terdapat dalam pasal 93).
Program Paskibraka di Kabupaten Sumbawa tahun 2023 meliputi beberapa kegiatan antara lain :
1. pembentukan Paskibraka melalui rekrutmen dan seleksi.
2. pemusatan Diklat bagi calon Paskibraka selama 14 Hari.
3. pengukuhan Paskibraka dan pelantikan Paskibraka.
4. penugasan Paskibraka pada peringatan Hut kemerdekaan RI dan hari lahir Pancasila dan hari-hari besar lainnya.
5. Bimtek pembinaan ideologi Pancasila bagi Purna Paskibraka.
6. pengukuhan Purna Paskibraka sebagai Duta Pancasila Purna Paskibraka Indonesia.
7. pemusatan Diklat penugasan Paskibraka pada hari lahir Pancasila selama 2 hari.
8. penyelenggaraan seleksi tingkat provinsi dan transportasi dan akomodasi calon Paskibraka provinsi dan pusat.
Inilah beberapa item kegiatan program Paskibraka selama tahun 2023, jadi kegiatannya berlangsung selama setahun bukan hanya pada saat HUT proklamasi saja, lebih lanjut Beliau juga menjelaskan pada pembukaan seleksi ini pihaknya juga mengundang beberapa operator sekolah untuk melakukan praktik uji coba pendaftaran sehingga kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pendaftaran dapat dibantu oleh operator sekolahnya masing-masing. Tutup beliau.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Semua tanggapan
 
 
Berita