BERITA DETAIL
Puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 dengan Tema Tuntas Kelola  Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 dengan Tema Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat

23 Februari 2023   261
Sumbawa, ppid.sumbawakab.go.id - 22/2 ,Bertempat di pantai Saliper Ate acara peringatan HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) Tahun 2023 yang dihadiri oleh Bupati Sumbawa - Drs.H. Mahmud Abdullah, Wakil Bupati Sumbawa - Hj.Dewy Noviani,S.Pd.,M.Pd, Seketaris Daerah,Para Asisten, Kabag, OPD terkait, Sekalah SD,SMP,SMA dan para Guru sekolah.
Selesai melakukan senam pagi Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa langsung menuju tempat pemilihan sampah di tepi pantai saliper ate serta meninjau secara langsung UMKM yang berada di objek wisata salipir Ate
Dalam sambutannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Sumbawa - Ir. Syafrudin Nur mengatakan tujuannya diadakan kegiatan ini adalah bagaimana kita membangun partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya agar selalu peduli pada sampah serta selalu membudayakan hidup bersih itulah yang ingin kita bangun karena sementara ini yang kelihatan masyarakat kita kurang peduli terhadap sampah. Oleh Karena itu Pemilihan sampah harus di mulai dari diri kita sendiri atau rumah tangga supaya nanti sampah itu bisa berarti bisa menjadi berkah bisa menjadi sumber penghasilan, kalau tidak dipisahkan/dipilih , berarti sama dengan Sampah itu sendiri jadi tidak mendapatkan Sumber penghasilan.
Dengan menghadirkan partisipasi masyarakatnya yang seluas luasnya untuk peduli sampah makanya lahirlah tagline" Sampah Ku Tanggung jawab Ku, Sampahmu Tanggung Jawabmu, Sampah Kita Tanggung jawab bersama.
Lebih lanjut ia menerangkan bahwa jumlah peserta yang ikut di HPSN dari sekolah 2500 orang belum itu dengan guru dengan komunitas-komunitas dan masyarakat lainnya perkirakan hadir berjumlah 3000 orang dengan kehadiran mereka tentunya ini akan menyebar secara luas terbangunlah motivasi kesadaran tentang peduli sampah serta orang-orang ini nantinya akan menjadi duta untuk menyebarkan secara luas bahwa sampah itu penting kita kelola dengan baik serta pilah dengan baik juga,tutupnya.
Dalam sambutannya Bupati Sumbawa mengatakan persoalan sampah di berbagai tempat telah menjadi permasalahan yang tidak kunjung selesai semakin bertambah kepadatan penduduk maka konsumsi masyarakat pun semakin tinggi sisi lainnya lahan untuk menampung terbatas persoalannya semakin bertambah sebab sampah konsumsi masyarakat ternyata banyak yang tidak mudah terurai terutama plastik semakin menumpuknya sampah plastik menimbulkan pencemaran serius.
Oleh karena itu, peringatan hpsn tahun 2023 ini menjadi momentum penting bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus untuk meningkatkan semua pihak bahwa sampah merupakan persoalan yang harus menjadi perhatian utama, Upaya Penanganan dan pengelolaan sampah harus melibatkan seluruh komponen masyarakat mulai dari pemerintah, akademisi, aktivis, komunitas, dunia usaha dan individu.
Berkaitan dengan kegiatan yang akan kita laksanakan hari ini yaitu Gebyar pilah sampah saya memandang kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan sebab jika tidak ada perubahan perilaku pilah sampah maka mikroplastik akan menjadi ancaman serius bagi kita sehingga gerakan Gebyar pilah sampah ini harus kita manfaatkan dengan baik agar kita dapat mengurangi pembuangan sampah plastik ke sungai dan laut serta mengurangi pencemaran mikroplastik yang ada di perairan kita.
Masyarakat Sumbawa harus sadar bahwa pemilahan sampah memiliki banyak sekali manfaat, Gebyar pilah sampah menjadi momentum untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa urusan memilah sampah bukan hanya urusan pemerintah tetapi menjadi urusan semua orang.
Bupati meminta kepada dinas terkait untuk menggaungkan kegiatan Gebyar pilah sampah ini sehingga dapat menyebar hingga ke wilayah yang paling jauh di Kabupaten Sumbawa serta kegiatan positif ini dapat menjadi contoh baik dan ditiru oleh seluruh masyarakat Sumbawa. Di akhir sambutannya pemerintah akan memberikan hadiah kepada OPD atau masyarakat yang mampu memberikan terobosan dalam hal pengelolaan sampah secara baik dan benar di Kabupaten Sumbawa,"ujarnya
Dilanjutkan dengan pembagian doorprize oleh panitia
By sony nurdin