BERITA DETAIL

DISOS GELAR RAKOR VERIFIKASI DAN VALIDASI DTKS


Bupati Sumbawa, diwakili Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Sumbawa, Ir. H. Zulqifli, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Bantuan Sosial, pagi ini di Aula H Madeloe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Rakor dihadiri oleh para Camat, Lurah, dan Kepala Desa se Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutan tertulisnya dikesempatan tersebut, Bupati menyampaikan bahwa Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), merupakan data yang digunakan sebagai sumber data utama dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, agar dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan, oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Menurutnya, berbagai bantuan disiapkan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten, untuk seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19. Bantuan tersebut antara lain, bantuan dari pemerintah pusat berupa bantuan dana desa, bantuan perluasan PKH, bantuan sosial pangan, dan bantuan sosial tunai, sebutnya.

Lebih jauh dikatakan Bupati, bahwa fakta di lapangan masih belum optimalnya sistem pemutakhiran data, sehingga perubahan yang ada di masyarakat, tidak diimbangi dengan sistem pemutakhiran data yang tepat, seperti penambahan anggota keluarga dan lain sebagainya.

Diakhir sambutan, Bupati berharap partisipasi aktif dan sinergi semua pihak terkait, untuk dapat melakukan verifikasi dan validasi data masyarakat miskin dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan melalui alur yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga bantuan-bantuan sosial tersebut dapat tepat sasaran, dan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Sumbawa.